Gubernur WH Lantik Al Muktabar Jadi Sekda Banten

Gubernur WH Lantik Al Muktabar Jadi Sekda Banten

Al Muktabar dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Nomor 52/TPA tahun 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Provinsi Banten.

Al-Muktabar terpilih dalam serangkaian seleksi panjang menyisihkan dua pesaing lain di akhir. Ia menggantikan jabatan Ranta Soeharta yang mengajukan pensiun dini pada tahun 2018.

Pengambilan sumpah janji jabatan Sekda Banten dilakukan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dan didampingi saksi Rektor Untirta dan Dirjektur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri.

Pada hari ini, Senin 27 Mei 2019 Saya Gubernur Banten melantik saudara Dr. Al Muktabar M.Sc sebagai Sekrterais Daerah Provinsi Banten berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Nomor 52/TPA Tahun 2019. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa bersama kita,” kata WH 

Pelantikan Widyasiwara pada Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri ini  dihadiri Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Forkompida, Mantan Sekda Banten, Kepala Daerah Kabupaten dan Kota, Kepala OPD Pemprov Banten dan Tamu Undangan.

WH pada sambutannya menekankan beberapa poin penting kepada Sekda Banten baru yang akan menahkodai ASN di Pemprov Banten, salah satunya adalah melakukan pembinaan pegawai.

"Kepada Sekda usai dilantik, saya kira sudah paham tugasnya sesuai peraturan menteri dan perundag-undangan yang berlaku, paham pula tentang tupoksi, paham juga harus bagaimana karena tugas Sekda salah satunya adalah membantu Gubernur dalam rangka penyusunan berbagai kebijakan-kebijakan, melakukan koordinasi dengan kepala dinas atau lembaga-lembaga yang ada dan juga melakukan pembinaan kepada parai pegawai ,” tegas WH.

Menurutnya, reformasi birokrasi yang digaungkan oleh dirinya bersama Wakil Gubernur saat ini sudah berjalan dengan baik. Dengan kehadirian Sekda Banten diharapkan bertambah baik lagi.

"Harus ada akselerasi dan peningkatan, karena memang disiplin itu salah satu yang saya tegaskan berulang-ulang.Punishment dan reward sudah ditegaskan dan dilakukan. Tukin (tunjangan kinerja) para pejabat Pemprov Banten termasuk 3 besar se- Indonesia,” ungkapnya.

"Kehadiran saudara diharapkan meningkatkan kinerja dan produktivitas yang ada di Provinsi Banten. Saya kira saatnya kita bersma-sama dengan semangat baru bagi Provinsi Banten,” sambungnya.

Al Muktabar usai dilantik siap menjalankan tugas barunya sebagai Sekda Banten dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab dan mengajak semua element masyarakat untuk bersinergi membangun Banten.

"Saya adalah orang baru stok lama, tadi saya lapor dengan Pak Gubernur waktu rapat. Jadi InsyAllah saya paham betul Provinsi Banten dalam arti luas. Saya datang langsung dan siap bekerja,” kata Al Muktabar.

Sebelumnya, Kantor Berita RMOL Banten memberitakan surat undangan gubernur terkait pelantikan Sekda Banten, yang belum disebutkan namanya. Setelah mengkonfirmasi banyak pihak munculah nama Al Muktabar yang hari ini diambil sumpahnya oleh gubernut Banten