HUT KOTA SERANG KE-11, WAGUB MINTA PEMKOT TINGKATKAN PELAYANAN

HUT KOTA SERANG KE-11, WAGUB MINTA PEMKOT TINGKATKAN PELAYANAN

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta Pemkot Serang ke depan bisa lebih meningkatkan pelayanan publik kepada warganya. Menurut Wagub, tugas pemerintah, termasuk pemerintah daerah yang paling substansial adalah melayani kebutuhan-kebutuhan hidup warganya sesuai dengan kewenangan di tingkat pemerintahannya masing-masing.

“Saya berharap dengan usia 11 tahun ini, Pemkot Serang bisa lebih maksimal lagi dalam melayani warganya,” kata Wagub kepada pers usai menghadiri Rapat Paripura DPRD Kota Serang dengan agenda Peringatan HUT ke-11 Kota Serang, Jumat (10/8/2018). Hadir dalam rapat paripurna DPRD tersebut, Wakil Walikota Serang Sulhi Choir.

Wagub juga meminta Pemkot Serang meningkatkan sinergitas dengan Pemprov Banten dengan melakukan sinkronisasi program kerja kegiatan pembangunan, pemerintahan, pemberdayan masyarakat dan pelayanan publik yang dilakukannya.

Diakui Wagub, Pemerintah Kota Serang secara umum telah menunjukkan tingkat kemajuan. Namun demikian, Wagub meminta agar segenap aparatur Pemerintah Kota Serang untuk terus meningkatkan kinerja, dedikasi dan pengabdian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik.

Sebelumnya saat membacakan pidato Gubernur Banten Wahidin Halim dalam acara tersebut, Wagub mengatakan, aparatur Pemerintah Kota Serang harus mengedepankan kedisiplinan, membentuk nilai-nilai positif, mengedepankan inovasi pemerintahan dan berkolaborasi dengan semangat kebersamaan, demi terwujudnya Kota Serang Madani. Kota Serang juga harus terus memacu diri untuk mengejar target sebagai Kota pendidikan yang juga bertumpu pada potensi perdagangan, jasa, pertanian dan budaya sebagaimana yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Serang dalam rencana pembangunannya.

Lebih jauh, kata Wagub, syukuran hari jadi Kota Serang itu juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk berintrospeksi sejauh mana kemajuan daerah telah tercapai. “Sejauh mana kita telah berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Serang,” katanya.

Dipaparkan Wagub, sebagai daerah penyangga pusat pemerintahan provinsi berada, Kota Serang merupakan wilayah yang strategis yang dapat meringankan tekanan perkembangan penduduk di Provinsi Banten, dengan menerapkan pola pemukiman dan penyebaran kesempatan kerja secara lebih merata.

Ditambahkannya, data BPS Kota Serang menunjukkan bahwa capaian indikator makro pada tahun 2017 terus  meningkat. Indeks Pembangunan Manusia Kota Serang pada tahun 2017 sebesar 65,60. Lalu, jumlah penduduk miskin terus berkurang dari sebanyak 37.436 jiwa pada tahun 2011 berkurang menjadi 36.400 jiwa pada tahun 2016.

Angka harapan hidup sebagai indikator kesehatan, masih kata Wagub dalam pidato Gubernur yang dibacakannya, telah mencapai 64,02 tahun dan angka rata-rata lama sekolah 7,17 tahun. “Menurut BPS, indikator capaian pembangunan Kota Serang tahun 2017 masuk pada kategori capaian sedang,” ujarnya.

Lebih jauh Wagub mengatakan, pendidikan dan kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia yang menentukan kemajuan suatu daerah. Untuk itu, optimalisasi program pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat mewujudkan Kota Serang sebagai Kota Pendidikan sebagaimana yang menjadi visi pembangunan Pemerintah Kota Serang.