KEMENTERIAN SOSIAL RI BERIKAN BANTUAN KEPADA KORBAN KEBAKARAN KAMPUNG BADUY

KEMENTERIAN SOSIAL RI BERIKAN BANTUAN KEPADA KORBAN KEBAKARAN KAMPUNG BADUY

Dalam kunjungannya ke Suku Baduy, Banten yang menjadi korban kebakaran karena rumahnya hancur. Kementerian Sosial (Kemensos) RI, kucurkan bantuan dana dan logistik kepada para korban kebakaran rumah suku Baduy luar di Kampung Cisaban II, Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jika dihitung total bantuan yang diberikan sebesar Rp3,4 miliar. Hal itu terungkap, setelah Mensos Khofifah Indar Parawansa, berkunjung ke lokasi korban kebakaran rumah suku Baduy luar tersebut, Sabtu (27/5/2017).

"Setelah saya mendapat informasi adanya korban kebakaran yang menimpa 84 rumah warga suku Baduy luar di dusun Cisaban, Desa Kanekes ini, saya minta Dirjen perlindungan jaminan sosial untuk mengirimkan tim ke sini untuk bersinergi dengan para relawan dan di komandoi oleh Bupati Lebak," ujar Khofifah di lokasi bekas kebakaran kepada awak media.

"Jadi kami datang ke sini untuk menyampaikan bantuan berupa Bahan Bangunan Rumah (BBR) Rp25 juta dikali 84 rumah dan bantuan jaminan hidup Rp900 ribu perjiwa," kata Khofifah menambahkan.

Kemnsos sebelumnya juga sudah memberikan bantuan logistik kepada para korban kebakaran tersebut. Adapun total bantuan yang diberikan kemensos RI mencapai Rp3,4 milyar. 

Ke depan, pemberdayaan masyarakat terpencil seperti di Baduy menurut Khofifah akan terus didorong. Apalagi di Kemensos ada direktorat yang mengurus soal komunitas adat terpencil seperti suku Anak Dalam di Jambi, Dayak di Kalimantan dan Baduy di Banten.