Kemendagri Prihatin Kepala Daerah Korupsi Terulang Lagi

Kemendagri Prihatin Kepala Daerah Korupsi Terulang Lagi

"Kalau preventif tentunya jangan melakukan korupsi. Lakukan tugas sesuai dengan koridor hukum, taat asas normatif, karena korupsi sudah berulang kali," ujar Hadi kepada wartawan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Sabtu, 13/7/19.

Dia sekaligus menyampaikan bahwa Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sangat sedih atas kasus korupsi yang "merundung" para kepala daerah. "Jadi Kemendagri, Pak Menteri pun selalu menyatakan sedih, prihatin manakala terjadi adanya permasalahan-permasalahan hukum di daerah," ungkap Hadi.

Hadi berharap permasalahan hukum yang menimpa kepala daerah tidak terus berulang. Terlebih belum lama ini terjadi lagi kepala darah ditangkap korupsi.

Kepala daerah yang baru saja dicokok KPK adalah Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun pada Rabu malam, 10/7/19. Ia diduga terlibat dalam kasus suap izin prinsip dan reklamasi di wilayah administrasinya. Nurdin sudah ditahan untuk 20 hari pertama di rumah tahanan (Rutan) K4 Cabang KPK pada Jumat, 12/7/19 setelah menjalani pemeriksaan di Gedung KPK.