PRESIDEN JOKOWI INGIN BANTEN KEMBALI JADI TEMPAT HUT TNI

PRESIDEN JOKOWI INGIN BANTEN KEMBALI JADI TEMPAT HUT TNI

Presiden Joko Widodo menginginkan agar perayaan HUT TNI ke 72 yang akan jatuh pada bulan Oktober mendatang kembali dilakukan di perairan Merak, Kota Cilegon, Banten. Seperti juga pertimbangan tahun 2015 lalu, Merak dijadikan tempat perayaan HUT TNI karena lokasi yang dekat dari ibukota Jakarta dan mudah diakses masyarakat yang ingin menyaksikan perayaan tersebut.

“Pak Presiden dan Panglima TNI menginginkan agar perayaan HUT TNI kembali dilakukan di Merak. Itu karena pertimbangan kedekatan dari ibukota dan juga memang perairannya di sini cocok untuk kebutuhan tersebut,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai mendampingi Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo meninjau lokasi yang akan digunakan untuk perayaan HUT TNI ke-72, yakni Pelabuhan Indah Kiat di Merak, Cilegon, Kamis (6/7/2017).

Diungkapkan Wagub, pihaknya sangat mendukung keinginan Presiden dan Panglima TNI terkait hal tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan sebuah kebanggaan, karena Banten menjadi tempat yang akan menjadi sorotan secara nasional, bahkan juga dunia, dengan digelarnya perayaan HUT TNI di Banten tersebut.

Sebelumnya, Panglima TNI sampai di Pelabuhan Indah Kiat sekitar pukul 8.30 bersama rombongannya dengan menggunakan 2 helikopter milik TNI AD. Gatot menghabiskan waktu tidak kurang dari 1 jam dalam melakukan peninjauan lapangan tersebut. Turut dalam rombongan, Kepala Staf AD Jenderal TNI Mulyono dan Pangdam Siliwangi Mayjen TNI M Herindra.

Wagub Andika sendiri dalam menyambut rombongan Panglima TNI, didampingi Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Danrem 064 Maulana Yusuf Kol Inf Ito Hendrianto dan Walikota Cilegon Iman Ariyadi.

Kepada pers, Iman mengatakan, ada beberapa hal yang disampaikan Panglima TNI yakni diantaranya supaya masyarakat bisa menyaksikan atraksi TNI dalam HUT nanti. Selain itu Panglima TNI juga minta reklamasi di bagian Pelabuhan Indah Kiat dirapikan supaya masyarakat nyama menyaksikan atraksinya.

Lanjut Iman, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa sebelumnya direncanakan di Pulau Natuna, namun karena pertimbangan kemudahan akses penonton, maka Cilegon jadi pilihan.

“Kita mendukung HUT TNI ini tentu sesuai koridor hukum. Tadi saya bilang ke Pak Kajati Banten supaya didampingi agar ketika kita membantu HUT TNI tidak salah. Kita kan ingin membantu secara maksimal,” papar Iman.