Pelantikan Gubernur di perkirakan bulan Juni 2017

Pelantikan Gubernur di perkirakan bulan Juni 2017

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memprediksi pelantikan gubernur dan wakil gubernur Banten terpilih untuk periode 2017-2022 hasil Pilkada serentak 15 Februari 2017 lalu yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) akan dilakukan pada Juni mendatang.

Pelantikan itu diperkirakan akan dilakukan secara serentak dengan pelantikan sejumlah kepala daerah yang lain.

Hal tersebut diungkapkan Tjahjo setelah usa membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten 2018 di Hotel Allium Tangerang, Senin (10/4).

“Dua bulan lagi saya kira sudah bisa dilantik,” ujar Tjahjo menjawab pertanyaan wartawan terkait perkiraan waktu pelantikan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada serentak tahun ini.

Menurut Tjahjo, proses pelantikan menunggu pelantikan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selesai dilakukan yang rencananya pada 12 April mendatang. Kemudian, pelantikan pun menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil Pilkada yang diajukan oleh sejumlah daerah.

“Kemungkinan ada dua tahap, apakah keserentakannya menungu masa jabatan berakhir atau tidak, kita tunggu KPU. Dua tahap itu, gubernur kalau bisa di istana, bupati wali kota di provinsi, tapi apakah nanti seperti apa, yah kita lihat keputusannya,” ujarnya.