Pemprov Banten Upayakan Dua Rumah Sakit Kembali Naik Kelas

Pemprov Banten Upayakan Dua Rumah Sakit Kembali Naik Kelas

Pemprov Banten berencana memanggil manajemen dua rumah sakit (RS) yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) turun kelas dalam waktu dekat ini, untuk berkoordinasi agar dilakukan perbaikan pada fasilitas kesehatannya sehingga bisa kembali naik kelas.

Sekda Provinsi Banten Al Muktabar di Serang, Jumat (30/8) mengatakan sebetulnya pihaknya telah melakukan upaya terbaiknya agar puluhan RS yang direkomendasikan turun kelas dibatalkan. Sebab, kesehatan adalah satu program prioritas yang kini sedang dilakukan oleh Pemprov Banten.

"Makannya ketika begitu turun akreditasi, kami lakukan langkah yang serius. Biasanya di tempat lain RS disuruh mengurus sendiri dan lain-lain, tetapi kami lakukan terkoordinir kalau ada hal-hal yang harus kita perbaiki kita perbaiki. Kita mengambil hikmah terhadap itu, lalu kita berpikir positif untuk bagian yang itu saling mengingatkan," kata Al Muktabar usai sholat Jumat di Masjid Raya Albantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

Ia mengatakan, meski menjadi bahan evaluasi, bukan berarti Pemprov menerima kenyataan tanpa berbuat sesuatu. Pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil manajemen RS yang mengalami penurunan kelas untuk dilakukan pembinaan.

"Kami akan terus upayakan terus perbaikannya. Pemerintah daerah juga berkewajiban melakukan pembinaan. (Pemanggilan) rencana waktunya Pak Gubernur dalam hal ini Pak Wakil Gubernur juga memberi pengarahan ke mereka," kata Al Muktabar.

Menurut dia, meski yang direkomendasikan turun kelas adalah RS swasta, namun hal itu tak perlu menjadi persoalan. Sebab, yang dilihat oleh Pemprov adalah dampak pelayanan kepada masyarakat."Yang bertahan kelasnya dan juga turun kelas swasta, dua itu swasta, tapi kan layanan ke masyarakat tidak melihat swasta. Layanan yang harus kita upayakan," kata dia.

Kemenkes tetap merekomendasikan RS Sari Asih Kota Serang dan RS Selaras Kabupaten Tangerang untuk melakukan penyesuaian kelas. Kebijakan itu diperoleh berdasarkan review ulang kelas terhadap 615 RS yang direkomendasikan pada tahap awal untuk turun tipe atau kelas.

RS Sari Asih Kota Serang yang awalnya kelas B turun menjadi C, sementara RS Selaras Kabupaten Tangerang dari C ke D dan 19 RS lainnya rekomendasi turun kelasnya dibatalkan. Ant


Click Here To See More