Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian (P3D) Pelabuhan Perikanan diwilayah Provinsi Banten
Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian (P3D) Pelabuhan Perikanan diwilayah Provinsi Banten

Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian (P3D) Pelabuhan Perikanan diwilayah Provinsi Banten

Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian (P3D) Pelabuhan Perikanan diwilayah Provinsi Banten

Oleh : Aan Kusnandar, S.Sos

 

Kota Serang - Dalam rangka optimalisasi pelayanan masyarakat serta penyelenggaran pemerintahan yang transparan dan akuntabel, Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten melakukan Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian Aset Pengalihan Personel, Pendanaan, Prasarana Sarana, dan Dokumen (P3D) Bidang Kelautan  dan Perikanan dari Pemerintah Kabupaten (Pandeglang, Tangerang dan Serang) Kepada Pemerintah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten pada Selasa, (28/09/2021).

 

Rapat yang dipimpin oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten (Dr. H. Muhtarom, SE, MM, Ak, CA) dan dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Asisten 1 Pemkab Pandeglang, Asisten 1 Pemkab Serang, Kepala Biro Pemkesra Setda Banten, Kepala DKP Banten, Kepala Dinas Perikanan Tangerang, Kepala BPKAD Tangerang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang, Kepala Dinas Perikanan Pandeglang serta Kasubid BMD BPKAD Banten.

 

 

Rapat tersebut penting dilaksanakan mengingat dengan berlakunya UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengakibatkan terjadinya pengalihan kewenangan yang berimplikasi pada pengalihan P3D.

 

Oleh karenanya, agar pengalihan P3D dapat berjalan efektif sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, maka diperlukan peran pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat untuk segera melakukan langkah-langkah konkrit dengan melaporkan setiap progres secara aktif dari masing-masing urusan yang difasilitasi oleh Pemerintah Pusat.

 

Pada prinsipnya "Penyerahan aset untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat” hal itu diungkap Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten (Dr. H. Muhtarom, SE, MM, Ak, CAdalam Rapat Koordinasi tindak lanjut Penyelesaian Aset Pengalihan Personel, Pendanaan, Prasarana Sarana, dan Dokumen (P3D) Pelabuhan Perikanan diwilayah Provinsi Banten

 

Adapun,  tujuan diadakan rapat tersebut menurut Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten (Gunawan Rusminto, AP., M.Si)  yaitu:

  1. tercapainya pemahaman dan persepsi yang sama pada tataran pemerintahan terhadap UU 23 Tahun 2014, di mana konsekuensi perubahan pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota, yang akan berdampak pada peralihan penanganan pada beberapa sub-urusan;
  2. terumuskannya langkah strategis dalam upaya percepatan penyelesaian proses pengalihan P3D di pemerintah kab/kota;
  3. tersusunnya data P3D yang valid sehingga dapat segera dilakukan serah terima; serta
  4. terkoordinasinya pelaksanaan penerimaan pengalihan P3D di provinsi dan kab/kota.