Ratusan Peksos Dan TKS Di Banten Disertifikasi

Ratusan Peksos Dan TKS Di Banten Disertifikasi

Plt Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Banten, Budi Dharma, menyampaikan, sertifikasi terhadap ratusan Peksos dan TKS merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam penanganan peningkatan kualitas masalah-masalah sosial.
 
"Masalah kesejahteraan sosial di Provinsi Banten semakin kompleks seiring dengan semakin berkembangnya zaman. Hal tersebut menjadi perhatian dan tanggungjawab banyak unsur, mulai dari pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga-lembaga kesejahteraan sosial, serta peran masyarakat itu sendiri," ujar Budi, Minggu (29/9).
 
Budi menjelaskan, kegiatan sertifikasi Peksos dan TKS yang diinisiasi oleh DPD Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) Banten diharapkan memberikan dampak yang luas, tidak hanya dibidang sosial. Tapi disemua lini kehidupan masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan.
 
"IPSPI sebagai organisasi profesi harus memiliki tiga pilar utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial yakni, pengetahuan, keterampilan dan nilai. Selain itu diperlukan pekerja sosial yang inovatif karena objek dari pekerja sosial adalah manusia yang memiliki keunikan," terangnya.
  
Selain itu, IPSPI Banten diharapkan mampu bekerja sama dengan seluruh komponen yang ada, seperti TKS dan relawan sosial.

"Dengan sertifikasi Peksos dan TKS ini, pekerja sosial bisa mengaplikasikan keilmuan dan tahapan-tahapan ilmiah pekerjaan sosial agar penanganan masalah bisa diatasi dengan baik ," imbuhnya.
 
Sementara itu, Ketua DPD IPSPI Banten,  Sukma Sandi mengapreasi dengan terselenggaranya kegiatan sertifikasi yang mendapatkan dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Alasanya, sertifikasi para pekerja sosial merupakan suatu kebanggan bagi TKS.
  
"Sebagai jembatan buat para pekerja sosial untuk mendapatkan pengakuan kompetensi dalam rangka memberikan pelayanan sosial. Jadi ada pengakuan hukum dari pemerintah," pungkasnya


Click Here To See More