Visitasi Monev 2021

Visitasi Monev 2021

Kota Serang – Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten, menerima kunjungan Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 pada Jum’at (15/10/2021).

 

Kepala Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Banten (Nana Subana) mengatakan bahwa visitasi ini dilakukan untuk mengonfirmasi apakah jawaban dari Self Assesment Questionnaire (SAQ) yang sebelumnya sudah diberikan oleh KI, sudah sesuai.

 

“Kegiatan ini bukan tahap terakhir. Masih ada satu tahapan lagi yaitu penilaian secara keseluruhan dan penganugerahaan kepada Badan Publik OPD yang ada di Provinsi Banten nanti untuk hasil penilaian dan penganugerahan akan kami adakan pada bulan November, peringkat-peringkat dengan kategori informatif, kurang informatif dan lainnya,” tambahnya.

 

Kepala Bagian Pemerintahan (Drs. H. Nanang Irawan, M.Si) selaku PPID Pembantu Biro Pemkesra menyampaikan  saat ini Biro Pemkesra telah memiliki Layanan Online pada Aplikasi Website dan bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan permohonan informasi publik.

 

“Untuk Layanan Pengaduan Biro Pemkesra telah memiliki Aplikasi http://lapor. go.id/, selain itu juga masayarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui medsos seperti twiter, instragram, youtube dan facebook yang dapat diakses oleh semua pihak sehingga memudahkan masyarakat memperoleh informasi publik”.

 

“Dalam hal inovasi yang telah dibuat PPID Pembantu Biro Pemkesra adalah merumuskan konsekuensi dari setiap informasi Biro Pemkesra yang dinilai perlu dikecualikan untuk tidak diberikan kepada pemohon informasi”.

 

Adapun, formulir permohonan telah disediakan dan setiap permohonan informasi akan di register dalam buku permohonan sesuai dengan format yang disampaikan komisi informasi”.

 

Nanang juga mengucapkan terima kasih kepada Tim KIP Banten yang telah meninjau langsung dan memberikan bimbingan kepada PPID Pembantu Biro Pemkesra dalam hal pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik dan penyediaan informasi publik.

 

PPID Pembantu Biro Pemkesra telah berupaya dan berkomitmen dalam mendukung keterbukaan informasi di lingkungan Biro Pemkesra”. Arahan dan koreksi diharapkan agar kami tetap konsisten dalam mengelola informasi publik secara terbuka “ucap Nanang.